Minggu, 06 September 2015

Mozilla Memamerkan Ponsel yang menggunakan Firefox OS

Mozilla yang selama ini kita kenal dengan produknya yaitu browser Firefox secara mengejutkan memamerkan smartphone prototipenya yang menggunakan sistem operasi Firefox OS. Mereka memamerkan contoh FIrefox OS menggunakan ponsel entry-level ZTE A21 Plus di acara CES 2013 kemarin.

[​IMG]

Tampilan antarmuka Firefox OS mirip dengan Android. Saat ponsel di-unlock, akan muncul tampilan home yang menampilkan sejumlah icon aplikasi dan bookmark website.

Firefox OS dikembangkan dengan bahasa pemrograman HTML5, termasuk di dalamnya animasi CSS dan Java Script untuk aplikasi terbuka. Ini berarti para pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk Firefox OS dapat menggunakannya lagi pada platform lain, termasuk iOS, Android atau bahkan pada desktop.

Pada saat diluncurkan nanti, Firefox OS untuk sementara akan ditujukan untuk perangkat low-end saja. Prosesornya pun dibatasi dengan kecepatan single-core 800MHz.

Firefox OS kompatibel dengan berbagai smartphone Android, sehingga siapa pun bisa mencoba dan men-downloadnya ke perangkat mereka. Ke depannya, Mozilla berencana membuat agar Firefox OS bisa digunakan di perangkat yang lebih powerfull. Untuk saat ini Mozilla bekerja sama dengan produsen ZTE untuk meluncurkan ponsel Firefox OS di Amerika Selatan dan negara berkembang lainnya pada akhir tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar